Map Raport Kurikulum 13 (k13)

Map Raport Kurikulum 13 (k13)telah menjadi standar resmi di lembaga pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, setiap lembaga pendidikan, dari tingkat dasar (SD/MI) sampai tingkat atas (SMA/SMU/SMK/STM/SMEA) diharuskan menggunakan standar tersebut.
Map Raport kurikulum 13 (k13)

Map Raport k13 memang banyak perbedaanya dibandingkan dengan buku raport seperti sebelumnya. Jika sebelumnya bentuknya seperti buku yang di dalamnya sudah ada tempat nilai, nama siswa, nilai prilaku siswa, dan sebagainya. Kemudian Wali Kelas tinggal mengisinya secara manual atas dasar pencapian nilai para siswa-siswinya selama persmester. Untuk Map Raport k13 hanya disediakan lembaran plastik yang di dalamnya digunakan untuk menyimpan file lembaran hasil pencapaian pra siswa-siswi dalam ujian smester, dll.

Standar map raport k13 ini memang membutuhkan cara penanganan berbeda. walaupun begitu, Lembaga pendidikan di seluruh  Indonesia mau tidak mau harus mengikuti standar tersebut. Jangan khawatir, ada sisi kelebihan tersendiri pada map raport k13 ini. Pertama bentuknya yang elegan, kokoh, dan sedap dipandang. 

Kedua, Map Raport k13 sangat baik dalam menjaga dokumen hasil nilai ujian siswa siswi persemester hingga bertahun-tahun lamanya. Jika dulu mudah sobek, rusak apabila kena air atau lembab, map raport k13 mempunyai perlindungan plastik untuk meminimalisir adanya kontiminasi berupa lembab atau air. Sampulnya yang terlihat kuat karena berbahan finil, kulit sintetis yang tidak gampang rusak apabila kena air, dan mudah dibersihkan apabila berdebu karena lama disimpan dalam lemari.

Itulah sisi baiknya Map raport k13 yang perlu diketahui oleh semua lembaga pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu jangan khawatir, perubahan dari buku raport yang dulu menjadi map raport k13 tentu memiliki pertimbangan yang baik dan positif bagi perkembangan dunia pendidikan di Indonesia.

Komentar (0)

Posting Komentar